pasar persaingan sempurna





pasar persaingan sempurna (perfect competition) adalah suatu bentuk pasar dimana terdapat begitu banyak penjual (banyak sekali produsen), sehingga tindakan masing-masing penjual tidak bisa memengaruhi harga pasar yang berlaku, baik dengan cara mengubah jumlah penawarannya maupun harga barangnya. dalam persaingan sempurna, harga ditentukan oleh pasar. dengan demikian, penjual pasar ini adalah sebagai penerima harga (price taker) ia dapat menjual semua barang yang ingin dijualnya dengan harga pasar yang berlaku.

ciri-ciri pasar persaingan sempurna:

  • banyak sekali penjual atau produsen
            karena banyak sekali terdapat penjual, maka setiap penjual atau produsen hanyalah merupakan bagian kecil dari pasar. dengan demikian produsen tidak dapat memengaruhi pasar (masing-masing penjual sebagai price taker)
  • barang yang diperdagangkan adalah barang homogen
            barang yang dihasilkan atau diproduksi oleh para produsen adalah barang homogen (homogeneous product), sma persis, sehingga produksi dari satu produsen merupakan substitusi yang sempurna bagi hasil produksi perusahaan lain. dengan demikian bagi para konsumen tidak ada pilihan untuk membeli barang yang manapun.
  • mudah untuk masuk dan keluar industri
            produsen bebas dan mudah untuk masuk dan meninggalkan industri (free entry and exit). dengan demikian dalam pasar ini sama sekali tidak ada hambatan untuk masuk kedalam industri atau pasar.
  • tidak ada hambatan buatan
           hambatan buatan apapun (biasanya oleh pemerintah atau oleh asosiasi produsen oleh serikat pekerja) atas kebebasan gerakan harga naik atau turun dan jumlah output akan menghalangi keadaan pasar persaingan sempurna.
  • pembeli dan penjual mempunyai pengetahuan yang sempurna tentang keadaan pasar
            masing-masing dari mereka bisa memperoleh informasi pasar (harga yang berlaku) dengan cepat dan tepat.

Komentar