DINAMIKA KELOMPOK SOSIAL

1. pengertian dinamika kelompok sosial
       dinamika kelompok berasal dari kata dinamika dan kelompok. dinamika berarti interaksi atau interdependensi antara kelompok satu dengan yang lain. sedangkan kelompok adalah kumpulan individu yang saling berinteraksi dan mempunyai tujuan bersama.jadi, dinamika kelompok adalah konsep yang menggambarkan proses kelompok yang selalu bergerak, berkembang dan dapat menyesuaikan diri dengan keadaan yang selalu berubah-ubah.

perkembangan atau dinamika kelompok ini dipengaruhi oleh beberapa aspek berikut.
a. komunikasi kelompok
        komunikasi berperan pada dinamika kelompok karena didalam komunikasi akan terjadi perpindahan ide atau gagasan yang diubah menjadi simbol oleh seorang komunikator kepada komunikan melalui media.
b. konflik dalam kelompok
        kenflik adalah suatu proses sosial dimana individu-individu atau kelompok berusaha memenuhi tujuannya dengan jalan menentang pihak lawan dengan ancaman atau kekerasan. konflik dalam kelompok bisa terjadi akibat ketentuan norma yang berlaku tidak sesuai dengan nirma pribadi individu selaku anggota kelompok.
c. kekuatan dalam kelompok
       kekuatan tercemin pada kemampuan seseorang untuk membuat orang lain bertingkah laku tertentu. jadi kekuatan itu adalah pengaruh.
d. kohesi kelompok
       kohesi merupakan faktor utama keberadaan kelompok. kohesi kelompok merupakan sejumlah faktor yang memengaruhi anggota kelompok untuk tetap menjadi anggota kelompok tersebut.
e. pengambilan keputusan
        kelompok yang efektif dapat menghasilkan keputusan dengan kualitas baik.
f. pemecahan masalah
          pemecahan masalah merupakan fokus utama dari keterampilan kelompok. masalah adalah pertentangan atau perbedaan antara yang seharusnya terjadi dengan yang sesungguhnya.

Komentar